Lucky Charms Rainbow

Senin, 03 Desember 2012

MATEMATIKA ITU BUKAN MONSTER

Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:
  1. sukai gurunya
  2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
  3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
  4. cari modul materi
  5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
  6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya
Selanjutnya,......................
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.
Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

selamat mencoba.......

0 komentar:

Posting Komentar