Lucky Charms Rainbow

Senin, 08 Oktober 2012

RPP Matematika Kelas XI SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMK Ma’arif 1 Kroya
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XI/3
Alokasi Waktu            :  7 x 45’  
Standar Kompetensi   : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar      : 7.5 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih       dua sudut.
Indikator                     :
7.5.1   Rumus trigonometri jumlah dua sudut digunakan untuk menyelesaikan masalah.
7.5.2   Rumus trigonometri selisih dua sudut digunakan  untuk menyelesaikan masalah.

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
1.         Menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut dalam penyelesaian soal.
2.         Menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap dalam penyelesaian soal.
3.         Menggunakan  rumus perkalian sinus dan cosinus dalam penyelesaian masalah.
4.         Menggunakan rumus penjumlahan dan pengurangan sinus atau cosinus dalam penyelesaian masalah.

II.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Rumus trigonometri jumlah dan selisih sudut.
2.      Rumus trigonometri untuk sudut rangkap.
3.      Rumus perkalian sinus dan cosinus.
4.      Rumus penjumlahan dan pengurangan sinus dan cosinus.

III.   METODE PEMBELAJARAN
1.      Ekspositori
2.      Tanya Jawab
3.      Pemberian tugas

IV.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
ü Pertemuan ke-1:
1.      Pendahuluan
a.       Guru  membuka pelajaran dengan salam.(Nilai Ketaqwaan)
b.      Guru melakukan absensi kehadiran siswa dan melihat kesiapan siswa mengikuti pelajaran.(Nilai Kedisiplinan)
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok  materi yang akan dipelajari. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
d.      Apersepsi yaitu melalui Tanya jawab guru mengingatkan kembali tentang aturan sinus dan cosinus.(Melatih daya ingat siswa)
e.       Guru memberikan motivasi untuk lebih memperhatikan sehingga siswa mampu menguasai materi ini.(Nilai disiplin dan berfikir optimis)
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan materi tentang rumus trigonometri jumlah dua  sudut .(Nilai Ketekunan dan Cermat)
2)      Guru menjelaskan pengertian tentang rumus trigonometri selisih dua sudut. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
3)      Guru menjelaskan dengan menggunakan contoh menentukan penjumlahan dua buah sudut berdasarkan rumus yang berlaku. . (Nilai Ketekunan dan Cermat)
4)      Guru menjelaskan  dengan  menggunakan contoh menentukan selisih antara dua buah sudut berdasarkan rumus yang berlaku. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
5)      Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.(Nilai Ehmpati)
b.      Elaborasi
1)      Siswa menyelesaikan Lembar kerja yang diberikan oleh guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi dan memfasilitasi jika ada siswa yang kesulitan. .(Nilai Empati)
2)      Salah satu siswa maju kedepan kelas untuk mengerjakan di papan tulis dan mempresentasikan pekerjaannya.(Nilai Tanggungjawab dan Kepercayaan diri)
3)      Siswa yang lain menanggapi  hasil  pekerjaan temannya, apabila tidak setuju maka diberikan waktu untuk memberikan pendapatnya.(Nilai menghargai pendapat orang lain)
c.       Konfirmasi
1)      Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru dan siswa, membahas penyelesaian masalah yang seharusnya.(Nilai Demokratis)
2)      Guru memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan siswa.(Nilai Empati)
3)      Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal atau materi yang belum dipahami dengan baik.(Nilai Interaksi)
3.      Penutup
a.       Guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari siswa.(Melatih Daya Ingat)
b.      Siswa mengerjakan lembar tugas.(Melatih Ketrampilan)
c.       Guru memberikan gambaran  materi untuk materi selanjutnya.(Nilai antisipasi)
d.      Guru menutup pembelajaran dengan salam.(Nilai Ketaqwaan)
ü Pertemuan ke-2:
1.         Pendahuluan
a.    Guru membuka pelajaran  dengan salam.(Nilai Ketaqwaan)
b.    Guru melakukan absensi kehadiran siswa dan melihat kesiapan siswa mengikuti pelajaran.(Nilai Kedisiplinan)
c.    Dengan mengacu pada jawaban siswa guru membahas pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh siswa.(Nilai Demokratis)
d.   Guru menyampaikan  tujuan  pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
e.    Apersepsi yaitu melalui Tanya jawab guru mengingatkan kembali tentang  rumus  trigonometri jumlah dan selisih sudut.(Melatih daya ingat siswa)
f.     Guru memberikan motivasi untuk lebih memperhatikan sehingga siswa mampu menguasai materi ini.(Nilai disiplin dan berfikir optimis)
2.         Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1)    Guru menjelaskan  materi tentang cara menentukan rumus sudut rangkap .(Nilai Ketekunan dan Cermat)
2)   Guru menjelaskan dengan menggunakan contoh menentukan nilai perbandingan trigonometri sudut rangkap dengan rumus yang telah diketahui. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
3)   Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.(Nilai Empati)
b.    Elaborasi
1)   Siswa menyelesaikan Lembar kerja yang diberikan oleh guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi dan memfasilitasi  jika ada siswa yang kesulitan. (Nilai Empati)
2)   Salah satu siswa maju kedepan kelas untuk mengerjakan di papan tulis dan mempresentasikan pekerjaannya.(Nilai Tanggungjawab dan Kepercayaan diri)
3)   Siswa yang  lain menanggapi  hasil  pekerjaan temannya, apabila tidak setuju maka diberikan waktu untuk memberikan pendapatnya.(Nilai menghargai pendapat orang lain)

c.    Konfirmasi
1)   Dengan mengacu pada jawaban  siswa, melalui tanya jawab guru dan siswa ,membahas penyelesaian masalah yang seharusnya.(Nilai Demokratis)
2)   Guru memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan siswa.
(Nilai Empaty)
3)   Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang  hal atau materi yang belum dipahami dengan baik.(Nilai Interaksi)
3.         Penutup
a.    Guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari siswa.(Melatih Daya Ingat)
b.    Siswa mengerjakan lembar tugas.(Melatih Ketrampilan)
c.    Guru memberikan gambaran materi untuk materi selanjutnya.
(Nilai antisipasi)
d.   Guru menutup pembelajaran dengan salam. (Nilai Ketaqwaan)
ü Pertemuan ke-3:
1.    Pendahuluan
a.         Guru membuka pelajaran dengan  salam.(Nilai Ketaqwaan)
b.         Guru melakukan absensi kehadiran siswa dan melihat kesiapan siswa mengikuti pelajaran.(Nilai Kedisiplinan)
c.         Dengan mengacu pada jawaban siswa guru membahas pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh siswa.(Nilai Demokratis)
d.        Guru menyampaikan  tujuan  pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari. (Nilai Interaksi)
e.         Apersepsi yaitu melalui Tanya jawab guru mengingatkan kembali tentang rumus  trigonometri  jumlah dan selisih sudut.(Melatih daya ingat siswa)
f.          Guru memberikan motivasi untuk lebih memperhatikan sehingga siswa mampu menguasai materi ini.(Nilai disiplin dan berfikir optimis)

2.    Kegiatan Inti
a.         Eksplorasi
                                              1)      Guru menjelaskan materi tentang cara memcari menemukan   ruus perkalian sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus .(Nilai Ketekunan dan Cermat)
                                              2)     Guru menjelaskan dengan menggunakan contoh  menyelesaikan soal berdasarkan rumus perkalian sinus dan cosinus. (Nilai Ketekunan dan Cermat)
                                              3)     Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.(Nilai Ehmpati)
b.    Elaborasi
                                              1)     Siswa menyelesaikan Lembar kerja yang diberikan oleh guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi dan memfasilitasi jika ada siswa yang kesulitan. (Nilai Ehmpati)
                                              2)     Salah satu siswa maju kedepan kelas untuk mengerjakan di papan tulis dan mempresentasikan pekerjaannya.(Nilai Tanggungjawab dan Kepercayaan diri)
                                              3)     Siswa yang lain menanggapi  hasil  pekerjaan  temannya, apabila tidak setuju maka diberikan waktu untuk memberikan pendapatnya.(Nilai menghargai pendapat orang lain)
c.    Konfirmasi
                                              1)     Dengan  mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru dan siswa ,membahas penyelesaian masalah yang seharusnya.(Nilai Demokratis)
                                              2)     Guru memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan siswa.
(Nilai Empaty)
Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang  hal atau materi yang belum dipahami dengan baik.(Nilai Interaksi)
3.    Penutup
a.    Guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari siswa.(Melatih Daya Ingat)
b.    Siswa mengerjakan lembar tugas.(Melatih Ketrampilan)
c.    Guru memberikan gambaran materi untuk materi selanjutnya.
(Nilai antisipasi)
d.   Guru menutup pembelajaran dengan salam. (Nilai Ketaqwaan)

V.      MEDIA, ALAT dan SUMBER BELAJAR
1.      Buku Matematika SMK “Erlangga” (Drs. Kasmina, dkk)
2.      Buku Matematika SMK “Saka Mitra Kompetensi” (Drs. Sumadi, dkk)
3.      Lembar Tugas Siswa (LTS) 
4.      Lembar Kerja Siswa(LKS)  

VI.   PENILAIAN
a.    Penilaian proses dilakukan pada saat pembelajaran yaitu keterlibatan siswa dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.
b.    Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa seperti penyelesaian permasalahan lembar kerja siswa.
c.    Tindak lanjut
-       Siswa dinyatakan berhasil jika pencapaian nilai minimal 70 atau lebih.
-       Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaian kurang dari 70.
Teknik                              : Tes tertulis, Penugasan
Bentuk Instrumen                        : Tes uraian
Contoh Instrumen:
A.   Soal Ulangan harian
1.      Diketahui  dan  di mana sudut A dan B adalah sudut lancip. Tentukan:
a.                               b.                          c. Sin 2A   
2.      Dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sudut, hitunglah nilai dari:
a.                                               b.                             d.    
Kunci Jawaban :
1.      Diketahui
Jadi
Jadi 
    

2.        
Pedoman penilaian
No. 1.  Skor max :  50
2.    Skor max :  50 +
                                     100
B.  Soal Remidi
1.      Diketahui  dan  di mana sudut A dan B adalah sudut lancip. Tentukan :
a.                             b. Cos 2B
2.      Dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sudut, hitunglah nilai dari:
a.                                      b.
Kunci Jawaban :
1.    Diketahui
Jadi
Jadi 
    
2.   
 

Pedoman penilaian
No. 1.  Skor max :  50
2.    Skor max :  50 +
                                     100
  Mengetahui,
Kroya,     Agustus 2012
 Guru Pamong


Puji Tri Rahayu, S.Pd.
             Praktikan


             Rukhsotun Nuroeni

Kepala Sekolah


Ir. H. Fathurrohman


0 komentar:

Poskan Komentar